Rabu, 27 Agustus 2014

Penetasan Telur Jangkrik

waah hampir lupa nih buat ngupas tuntas tentang penetasan telur jangkrik.
oke kita shre ajaa yaa..

telur jangkrik memang susah buat di tebak, terkadang kita bilang bagus eh hasilnya kurang, hehe
yg salah bukan dari produsennya juga sih, memang ada berbagai macam faktor external dan internal, mulai dari indukan yg tidak di buahi sampai dengan vaktor suhu, terkadang ada juga telur yang busuk.
banyak permasalahan dalam pemilihan bibit jangkrik yg mencapai kualitas di atas rata rata.
tentunya dengan kita membeli telur jangkrik yang sangat berkualitas menetukan hasil yang sepadan.. setujuu ???
anggap saja " iya ". tapi menurut kita " tidak ".
setiap produsen telur jangkrik pasti mengklaim bahwa hasil produksi yang iya jual sangat berkualitas tinggi, yaa kita pernah mengalami itu. tapi ketika buyyers telah menerima barang dari kita ternnyta tidak memuaskan. rata rata buyers mengklaim bahwa barang yg kita punya tidak berkualitas karena daya tetas yang kurang..

berbicara tentang daya tetas kita tidak bisa menyalahkan produsen begitu saja, ingat banyak faktor selain dari kesalahan produsen tentunya.
contoh dari sisi bagai mana penangannan kita terhadap telur jangkrik yg baru tiba, media pra penetasan jangkrik, media penetasan dan lingkungan sekitar telur.

kita share sedikit dari penangannan telur yang baru tiba.

1. lakukan pengeringan di atas kain furring yang luas ( untuk 1 kg tlur bisa dengan menggunakan kain berukuran 1 x 1 meter )
2. jangan terkena sinar matahari.
3. jangan lakukan pengeringan menggunakan kipas angin.
4. jangan di taruh di atas lantai yang tidak beralas.
5. pengeringan cukup hanya dengan +- 10 menit ( butuh pengawasan )

media pra penetasan.
1. biasakan pra media penetasan menggunakan kain.
2. jangan simpan di plastik biasakan menggunakan bag / tas kain.
3. jaga suhu ruangan.
4. hindari dari jangkauan hama.

media penetasan
1. pastikan telur sudah menetas sekitar 20%
2. gunakan media baskom air ( di jelaskan setelah penulisan artikel )
3. hindari dari cahaya lampu.
4. jaga suhu box jangkrik.

# media baskom air
yang harus di siapkan.
1. baskom berdia meter bebas tinggi bebas ( kondisikan sesuai dengan kapasits telur jankrik ).
2. kain ( usahakan bahan kain yg mampu menyerap uap air secara sempurna ex : lap khusus di dapur )
3. karet atau tali yang di sesuaikan dengan di meter baskom ( digunakan untuk mengikat kain di atas baskom )
4. air tentunya bos!!

cara menggunakannya.
1. simpan air pada baskom ya sekitar 1/3 aja.
2. ikat kain pada mulut baskom, pastikan kain kuat dan tidak menyentuh air di dalam baskom.
3. simpan deh telur jangkrik sesuai dengan kapasitas yang tersedia.
4. tutup telur dengan kain lagi, pastikan ada jarak antara penutp dengan telurnya caranya kasih aja potongan egg krei.
5. berdoa and take easy boy. :)

kaya nya itu deh yang bisa kita bagi dluu.. tapi ingeet jangan banyak berharap sama cara cara yang kita ajarkan yaa.. kalo bisaa lupainn aja semuanya hehehe.. okee see you nex time boy, love you all :*

kalo ada saran dan kritik bisa hubungi kami di :

#RumahJangkrikAwiligar
jangkrikawiligar@gmail.com

www.jangkrikawiligar.blogspot.com